Mempersiapkan Mobil Untuk Menghadapi Musim Hujan

Bagi pemilik kendaraan mobil pribadi, penting untuk melakukan perawatan agar mobil selalu terjaga dan performanya tetap baik. Karena tidak bisa dibantah lagi bahwa mobil sangat bermanfaat untuk mendukung aktivitas sehari-hari di tengah kondisi jalanan dan cuaca yang tidak menentu. Agar mobil selalu terjaga dan kerusakan-kerusakan dapat dicegah, kita perlu mempersiapkan mobil untuk bisa menyesuaikan dengan keadaan. Nah, termasuk bagaimana mempersiapkan mobil untuk menghadapi musim hujan.

Kondisi hujan memang perlu penyesuaian tersendiri dibandingkan ketika cuaca panas. Karena mobil memiliki perangkat listrik dan bagian lain yang rentan terhadap cuaca yang basah. Selain itu, kondisi basah membuat segala permukaan akan mudah kotor dan lengket tidak sebagaimana pada saat kering. Untuk itu para pemilik kendaraan mobil pribadi harus memiliki beberapa informasi sehingga bisa menghadapi segala kemungkinan dan mencegah kerusakan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Mobil Saat Musim Hujan

Ilustrasi Berkendara Saat Hujan, sumber ig 4playcar
Ilustrasi Berkendara Saat Hujan, sumber ig @4playcar

1. Lindungi Komponen Yang Rentan Terhadap Air

Pada mobil, terdapat komponen penting yang rentan jika terkena bahkan terendam banjir. Komponen-komponen seperti aki atau baterai serta lampu-lampu sangat rentan jika terkena air secara langsung karena merupakan komponen listrik. Hindari bagian-bagian ini dengan membuat pelindung atau pastikan agar tidak terkena air hujan ketika mobil sedang dipakai.

2. Perhatikan Wiper dan Rem

Bagian yang sangat membantu agar lancar saat berkendara ditengah kondisi hujan adalah wiper dan rem. Namun karena sering terpakai pada saat musim hujan, maka perlu selalu diperhatikan agar tetap dalam kondisi yang baik. Karena jika tidak berfungsi lagi akibat belum diganti pada bengkel mobil, akan menghambat dalam berkendara ditengah hujan.

3. Jagalah Kebersihan Interior

Pada saat hujan, tentu saja bagian interior akan terkena dampaknya. Namun dampak ini bisa dikurangi dengan rajin-rajin membersihkan bagian interior mobil seperti alas kaki, aksesoris yang ada di tempat duduk dan bagian interior lainnya.

4. Hindari Keadaan Banjir

Beberapa titik di Indonesia sangat rentan untuk terjadi banjir terutama bagi yang bertempat tinggal dan beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya. Meskipun begitu, jika masih mampu sebisa mungkin hindarilah titik-titik yang sering mengalami kebanjiran. Jika terlalu parah terjebak ditengah banjir akan bisa berdampak pada bagian mesin sehingga mogok. Lebih parah lagi jika sampai terjadi kecelakaan. Hal ini tentu saja tidak diinginkan.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan agar mobil Anda lebih siap untuk menghadapi musim hujan. Masih banyak hal yang bisa dipersiapkan agar Anda bisa berkendara dalam keadaan aman dan nyaman selama musim hujan. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi Anda dan silahkan share. Simak ulasan lainnya terkait informasi dan tips-tips berkendara di halaman kami. Jagalah keselamatan Anda dan patuhilah rambu-rambu lalu lintas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *