Cara Membuat Semir Ban : Bisa Anda Coba!

Cara Membuat Semir Ban – Seperti yang sudah diketahui, bisa dikatakan fungsi ban sangatlah penting untuk kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika dibaratkan ban seperti kaki yang digunakan untukĀ  melangkah atau berjalan maju maupun mundur, begitu juga dengan fungsi ban pada kendaraan yang berfungsi sebagai penggerak maju ataupun mundur.

Selain fungsinya sebagai pengerak kendaraan, ban juga bisa membuat tampilan mobil atau motor lebih terlihat keren dan elegan. Namun, seiring dengan berjalanya waktu, ban yang baru akan terlihat kusam dan memudar. Memudarnya warna hitam dari ban ini disebabkan kandungan berupa karbon hitam  yang menyusut pada permukaan ban itu sendiri.

Memang warna hitam dari ban tidak bisa dianggap remeh meskipun mobil tersebut baru dicuci dan mengkilap seperti baru namun jika ban mobil terlihat kusam dan kotor pastinyanya ada yang ganjal jika kita mengamati mobil tersebut. Jalan satu-satunya untuk menghitamkan warna ban kembali adalah dengan mengoleskan semir ban atau kit pengkilap ban.

Bicara mengenai semir ban tidak luput dengan yang namanya silicon pengkilap ban yang banyak dijual dipasaran dengan harga mulai dari 50 ribuan tergantung kualitas silicon tersebut.

Namun selain menggunakan silicon untuk menghitamkan ban mobil, sebenarnya masih ada cara sederhana yang bisa menbuat ban mobil terlihat hitam dan pastinya cara sederhana lebih hemat atau bahkan bahannya sudah ada di sekitar Anda.

Baca juga : Tips Perawatan Mobil

Cara Membuat Semir Ban

Ilustrasi Semir Ban Mobil, Sumber : productnation.co

Jika Anda berminat untuk membuat semir yang alami, berikut ini beberapa cara membuat semir ban. Jika berminat ingin membuatnya, berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda ikuti.


1. Semir dari Minuman Bersodadan Sabun Pencuci Piring

Pertama siapkan satu botol kecil minuman bersoda dan sabun pencuci piring yang bisa Anda beli dengan harga sekitar 5 ribu rupiah. Berikut ini adalah racikan cara membuat semir ban.

Pertama cuci ban motor hingga bersih, alangkah baiknya Anda bisa menggunakan sabun dan skat agar partikel debu dan kotoran yang menempel menghilang. Siapkan botol air mimun bekas dan tuangkan soft-drink sekitar 250ml dengan satu sendok makan sabun pencuci piringke dalam botol bekas tadi dan aduk hingga rata.

Setelah tercampur rata, gunakan kuas cat kecil atau busa spons atau sikat gigi untuk mengoleskan pada sekitar area pinggir ban. Tunggu beberapa saat hingga hinggga cairan mengering. Setelah mongering, gunakan untuk menggosok ban bila perlu. Lihatlah ban mobil Anda yang awalnya terlihat kusam sekarang menjadi terlihat mengkilap dan terlihat hitam.

2. Menggunakan Air Gula

Selain menggunakan sabun pencuci piring, ada cara lain lagi untuk menghitamkan ban mobil dan motor yang bisa Anda buat sendiri secara alami yaitu dengan menggunakan air gula (gula pasir atau gula putih). Untuk membuat semir ban dari gula, pertama anda harus memanaskan air terlebih dahulu sekitar 1 atau 1/2 gelas.

Larutkan 4 sendok makan gula ke dalam air panas dan aduk hingga gula larut dan menyatu dengan air. Sebenarnya bisa saja menggunakan air dingin namun Anda harus mengaduk gula lebih lama agar gula larut dan menyatu dengan air. Semir pun siap digunakan.

Seperti biasa, sebelum semir dioleskan, cuci ban terlebih dahulu agar semir bisa menempel dengan maksimal. Gunakan kuas cat atau spons untuk mengoleskan semir pada permukaan ban. Selain bisa menghitamkan ban, semir alami ini juga bisa Anda gunakan untuk menghitamkan dek kulit jeruk mobil Anda.

Karena terbuat dari bahan gula, kelemahan dari semir ini adalah terkadang ada semut yang menempel pada ban namun tentu tidak akan bikin ban kena penyakit gula.

3. Menggunakan Minyak Goreng

Ilustrasi Cara Membuat Semir Ban, Sumber : kompas.com

Selain kedua cara diatas ada cara lain lagi untuk menghitamkan ban mobil dengan bahan alami yaitu dengan minyak goreng. Selain bisa digunakan untuk mengkilapkan dashboard motor, saat ini  minyak goreng juga banyak digunakan untuk menghitamkan ban mobil. Berikut adalah cara menghitamkan warna ban dengan menggunakan minyak goreng.

Siapkan minyak goreng secukupnya, agar tidak bau amis atau bau gorengan jangan gunakan minyak goreng bekas atau minyak jelantah. Gunakanlah minyak goreng yang masih baru. Sebelum minyak goreng dioleskan, cuci ban terlebih dahulu hingga bersih. Gunakan sabun dan sikat untuk memudahkan anda mencucinya.

Untuk proses menyemir ban Anda bisa menggunakan kuas cat, atau busa spons. Oleskan pada bagian pinggir ban hingga mendapatkan warna hitam mengkilap. Jika dirasa terlalu banyak mengoleskan minyak, Anda bisa mengelapnya menggunakan kain kanebo.

Baca juga : Tips Memilih Ban Mobil

Perlu Anda ketahui, karena minyak goreng bersifat licin, oleskan minyak goreng hanya pada bagian pinggir ban saja. Jika minyak goreng sampai terkena bagian tengah ban maka akan licin jika ban berputar. Selain sebagai bahan membuat semir ban alami, minyak goreng  juga banyak digunakan untuk menghitamkan dek atau bagian dashboard motor Anda.

Itu tadi beberapa bahan di sekitar Anda yang bisa digunakan sebagai pengganti semir ban. Selain alami, cara ini juga bisa menghemat budjet Anda untuk merawat mobil karena bahan tersebut mungkin sudah tersedia  di rumah Anda.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat semir ban dan beberapa cara alami untuk menghitamkan ban mobil Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply