Beberapa Perawatan Mobil Yang Bisa Anda Lakukan Ketika Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Saatnya para pemilik kendaraan bermotor termasuk mobil memberikan perawatan yang berbeda dibandingkan musim panas. Pengaruh cuaca memang menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan untuk perawatan mobil. Apalagi jika berbicara di Indonesia, Negara yang berada tepat di garis khatulistiwa dengan perubahan-perubahan cuacanya yang cenderung ekstrim. Namun jangan khawatir, pada dasarnya perusahaan-perusahaan mobil yang memasarkan mobil-mobilnya di suatu negara pasti sudah mempertimbangkan keadaan suatu negara.

Namun, setelah mobil itu sampai ke tangan konsumen, maka semuanya bergantung kepada konsumen tersebut. Bagi Anda para pemilik mobil, sudahkah Anda memahami bagaimana cara mengantisipasi keadaan musim hujan bagi mobil Anda? Jika belum, jangan khawatir. Berikut ini terdapat beberapa tips bagi pemilik mobil untuk menjaga mobilnya dengan melakukan perawatan khusus pada musim hujan.

Tips Perawatan Mobil Pada Musim Hujan

Hujan tentu saja memberikan dampak pada mobil Anda. Terutama bagian eksteriornya. Hal ini disebabkan karena air hujan bisa bersifat korosif dan memicu berkaratnya bagian-bagian mobil yang terkena air hujan. Selain itu masih terdapat beberapa dampak lainnya bahkan dampak yang bisa menyebabkan kerusakan parah jika tidak terantisipasi dengan baik. Untuk menghindari dampak ini berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

1. Simpan Atau Parkirlah Dengan Baik

Untuk mencegah dampak dari hujan, simpan atau parkirlah mobil Anda pada tempat yang teduh. Lebih baik lagi pada tempat yang teduh sekaligus tidak memberikan pengaruh suhu terhadap mobil. Selain terlindungi karena tempatnya yang teduh, menjaga suhu mobil agar tetap pada suhu normal juga penting. Paparan suhu terlalu rendah akan mengakibatkan kerusakan begitu pula paparan suhu yang terlalu tinggi.

2. Bilas Menggunakan Air Bersih Setelah Dipakai dan Terkena Hujan

Ilustrasi Mobil Saat Hujan, sumber ig chasers_star
Ilustrasi Mobil Saat Hujan, sumber ig @chasers_star

Tentu saja Anda harus tetap menggunakan mobil Anda kecuali dalam kondisi yang memungkinkan. Tetap memakai mobil pada kondisi hujan yang normal bisa tetap menjaga performa mesin dan bagian-bagian kendaraan lainnya karena dengan begitu bagian-bagian ini tidak terkena dampak dingin atau rendahnya suhu lingkungan. Namun, mobil yang terkena hujan karena dipakai diluar akan berpengaruh pada bagian bodi dan bagian eksterior lainnya. Maka setelah digunakan segeralah bilas mobil Anda dengan air biasa yang bersih sehingga dapat membersihkan air hujan yang menempel pada mobil Anda.

3. Berikan Pelindung Untuk Bagian Eksterior

Selain hanya dengan membilas, pada bagian eksterior mobil perlu diberian tambahan perawatan. Misalnya pada kaca mobil. Maka gunakan wiper untuk membersihkan dan melindungi kaca mobil Anda pada saat atau setelah terkena hujan. Selain itu, bagian eksterior lainnya adalah bodi mobil. Pada bagian bodi, cat mobil harus selalu terlindungi karena cat mobil juga berfungsi sebagai pelindung pada bodi mobil Anda. Untuk melindungi cat mobil, Anda bisa menggunakan spray atau semprot cairan silicon. Jika masih ragu, konsultasikan pada bengkel mobil langganan Anda.

4. Selalu Keringkan Bagian Interior

Bagian interior mobil juga perlu terjaga. Bagian-bagian yang dimaksud adalah jok, alas kaki dan lain-lain. Maka selalu pastikan agar bagian-bagian ini selalu dalam keadaan kering sehingga tidak memberikan efek yang merusak interior mobil seperti jamur, karat dan sebagainya.

5. Hal yang Sering Terabaikan

Terkadang dengan kondisi hujan, pemilik mobil hanya merasa perlu untuk mengeringkan mobilnya saja. Pada tidak, jika air hujan sampai mongering dengan kandunngan asamnya akan mengakibatkan korosi pada bagian mobil Anda. Maka hindari untuk mengeringkan bagian mobil yang terkena hujan sebelum terlebih dahulu membilasnya dengan air bersih. Selain itu, hal yang tidak boleh untuk dilupakan adalah memeriksa bagian mesin. Karena air hujan bisa masuk bahkan hingga ke celah yang kecil. Maka, setiap setelah menggunakan mobil dalam keadaan hujan, hindari untuk mengabaikan bagian mesin. Periksalah dan pastikan agar bagian mesin Anda tetap aman dari pengaruh merusak akibat terkena air hujan.

Demikian beberapa hal yang harus dilakukan dan bermanfaat untuk perawatan mobil dalam kondisi hujan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Simak ulasan menarik lainnya mengenai perawatan mobil di halaman kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *