Inilah 3 Tips Penting Sebelum Menjual Kembali Mobil Anda

Membeli mobil kemudian menjualnya kembali bukanlah sesuatu yang asing bagi para pengguna kendaraan bermotor. Ada beberapa alasan kenapa menjual kembali mobil yang telah dimiliki. Bisa jadi karena alasan ingin memiliki mobil lain dengan keluaran terbaru atau karena faktor kebutuhan. Apapun alasannya, jika Anda sebagai pelaku yang menjual mobil perlu memperhatikan beberapa ulasan tips dari kami agar Anda bisa mendapatkan harga yang sesuai dan pembeli mobil Andapun dalam kondisi senang menerima barang tersebut dari Anda.

Dalam perspektif pembeli mobil, mereka tidak ingin membeli mobil hanya dari tampilannya saja akan tetapi juga melihat bagaimana dokumen dan mobil yang akan dibelinya terawat. Pada kenyataannya, para pembeli akan lari ketika melihat mobil yang akan dibelinya dalam kondisi kotor atau ada sebagian yang rusak terlihat. Mereka tidak memiliki bayangan untuk membersihkan mobil yang akan dibelinya dan hanya berharap untuk segera memakainya, mereka juga tidak menginginkan “project car”. Maksudnya mereka tidak menginginkan mobil yang perlu dikerjakan atau diperbaiki kembali. Karena memperbaiki mobil dan memastikan mobil dalam kondisi baik adalah tugas penjual mobil bukan pembeli mobil.

Tips Menjual Kembali Mobil Anda
Tips Menjual Kembali Mobil Anda. Sumber: unsplash.com

Ada beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan ketika Anda berniat untuk menjual kembali mobil yang pernah Anda pakai. Mungkin sedikit terlambat, tapi tidak masalah. Anda bisa mengaplikasikan tips ini untuk mobil baru Anda. Pertama, memastikan mobil Anda dalam kondisi sangat bersih dengan rekap dokumen yang lengkap dan rapi. Kondisi mobil bersih tentu membutuhkan pembersihan mobil secara berkala dan betul-betul dirawat selama pemakaiannya. Kemudian catatlah setiap perawatan yang pernah dijalani untuk mobil Anda secara manual. Mungkin sedikit ribet tapi pencatatan ini menunjukkan bahwa selama ini Anda memang memperhatikan kondisi mobil Anda, dan menjadi bukti ketika Anda mengatakan bahwa mobil Anda dalam kondisi baik.

Kedua, lakukanlah rekomendasi dari pabrikan setiap perawatan yang harus dijalankan. Terutama untuk mobil yang sering dipakai untuk perjalanan jarak jauh dan dengan frekuensi pemakaian yang sering seperti halnya mobil rental atau mobil perusahaan. Perawatan yang sejalan dengan rekomendasi pabrik akan menghasilkan performa mobil yang optimal.

Ketiga, melakukan reconditioning mobil Anda sebelum penjualan dilakukan. Sebelum Anda menjual mobil Anda pastikanlah kondisi mobil Anda baik, bahkan jika memang dibutuhkan mengganti beberapa bagian, bisa Anda lakukan. Hal ini tentu dapat membuat kepercayaan para pembeli kepada Anda atau membuat harga jual mobil Andapun tidak terlalu murah dibandingkan yang seharusnya.

Andapun perlu melakukan service secara menyeluruh jika ingin serius menjual mobil Anda. Hal yang perlu dipastikan diantaranya melakukan servis pada oli dan cairan lainnya dalam mobil Anda, membersihkan battery dan jika telah tua dan perlu diganti maka gantilah terlebih dahulu, dan melakukan servis terhadap bagian lainnya. Andapun bisa mengeluarkan berbagai macam eksterior mobil yang sejak awal memang tidak ada dalam mobil yang telah Anda pakai. Jika masalah perawatan dan surat-surat beres, Anda perlu menilai mobil Anda. Seberapa layak harga yang bisa Anda tawarkan kepada pembeli Anda nantinya. Untuk menilai inipun Anda bisa menggunakan berbagai penilaian yang tersedia secara online. Biasanya akan ada indikator penilaian apakah mobil Anda dalam kondisi baik atau tidak. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Kelly Blue Book. Setelah itu, Anda bisa tentukan harga untuk mobil Anda.

Sekian ulasan singkat kami mengenai tips menjual mobil dalam kondisi baik. Semoga bermanfaat. Kunjungi pula artikel kami lainnya seperti tips menghindarkan mobil Anda dari pencurian dan cara menjaga mesin mobil Anda tetap baik. Untuk masalah seputar body repair dan car detailing, sahabat di Yogyakarta bisa mempercayakan pada kami. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *