Engine Detailing: Cara Mudah dan Cepat Menjaga Mesin Mobil

Apakah Anda tahu pengetahuan secara detail terhadap mesin dan perawatannya secara detail dapat meningkatkan nilai jual mobil Anda? Hal ini adalah fakta umum bagi mereka yang memiliki waktu dan upaya lebih untuk mengenali dan merawat mobilnya. Kali ini kami ingin mengulas sedikit mengenai engine detailing.

Bagi seorang pemilik maupun mekanik, menyadari bahwa bagi orang yang peduli terhadap mobil mereka, maka mereka akan memberikan waktu kepada mobil mereka untuk diperbaiki atau diservis secara berkala. Terutama untuk mobil yang sering dipakai sebagaimana mobil untuk offroad atau rental mobil tentunya. Engine detailing bukan hanya masalah membersihkan bagian eksterior mobil saja dan kompartmen mesin, tapi juga memberikan pelindung bagi mesin Anda juga. Jika hal ini dilakukan, tidak akan memakan waktu lama dan sangat mudah dilakukan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dalam sebulan.

Langkah yang perlu dilakukan dalam engine detailing yaitu pertama membersihkan mesin dari debu-debu yang nampak ataupun kotoran lainnya. Langkah kedua merupakan langkah yang paling penting yaitu mempersiapkan mesin Anda untuk dibasahi atau dicuci dengan air. Anda harus menutup seluruh sensor sensitif yang ada, distributor, spark plug opening, dan bagian peralatan yang mengandung muatan listri, terutama bagian yang bisa menjadi tempat terakumulasinya air dan dapat menyebabkan konsleting.

Gunakanlah plastik untuk menutup bagian sensitif ini. Pastikan menggunakan pengganjal atau pengikat yang bisa membuat bagian sensitif tersebut tertutup rapat. Yang perlu Anda pastikan adalah air sama sekali tidak masuk ke dalam mesin. Untuk menghilangkan akumulasi pelumas pada mesin ataupun kompartmen mesin Anda, mulai dari menyalakan mesin dan panaskan dalam beberapa menit. Temperatur terbaik untuk membersihkan mesin Anda dari berbagai macam pelumas adalah dengan membuat mesin Anda hangat untuk disentuh, tidak sampai dalam kondisi panas.

Engine Detailing: Cara Mudah dan Cepat Menjaga Mesin Mobil
Engine Detailing: Cara Mudah dan Cepat Menjaga Mesin Mobil. Sumber: unsplash.com

Setelah memanaskan mesin Anda dan melindungi bagian yang sensitif, Anda telah siap menggunakan engine degreaser atau penghapus minyak pada mesin. Meskipun proses ini mudah dan cepat, perlu diperhatikan untuk tidak memakai pembersih petroelum yang keras untuk mesin dan kompartmen mesin Anda. Gunakan saja cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan. Ketika mengaplikasikan engine degreaser mulailah dari bagian paling bawah kemudian naik ke atas. Hal ini mencegah agar engine degreaser tidak mengenai Anda ketika Anda membersihkan bagian bawah.

Ketika Anda sudah siap menghilangkan engine degreaser pastikan bagian sensitif masih aman dan siramlah dengan air. Keringkan mesin Anda menggunakan alat sebelum Anda keringkan menggunakan handuk. Kemudian hilangkanlah kantong plastika atau penutup yang tadi Anda gunakan untuk menutup bagian senstif mesin Anda. Ketika telah kering, nyalakan mesin mobil Anda dan jalankan untuk beberapa saat. Ketika mesin Anda telah kering dan dingin, gunakanlah pelindung mesin. Jika Anda tidak punya gunakan pelindung berasal dari karet atau pelindung vinyl untuk melindungi bagian host, kabel, dan bagian-bagian plastik lainnya. Jika Anda tidak memiliki coating atau pelindung untuk mesin Anda, Anda tidak perlu khawatir. Karena pabrik tempat mobil Anda diproduksi telah memberikan proteksi sangat baik bagi mesin mobil Anda.

Sekian ulasan singkat kami, semoga bermanfaat dan dapat Anda bagikan kembali kepada teman-teman Anda. Simak juga tips menarik lainnya seperti penanganan ketika mobil mogok ataupun ketika rem mobil blong di web kami. Jangan lupa untuk urusan body repair dan car detailing mobil anda untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya bisa dipercayakan pada kami. Kami akan memberikan layanan yang optimal untuk mobil Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *