Modifikasi Mitsubishi Lancer CK 4 Menjadi Evo 4

Bagi anda yang memiliki hoby mobil balap semisal Rally pasti mengenal Tommi Makinen. Dan mendengar nama Tommi Makinen tentu teringat dengan mobil Mitsubishi Evolution atau Subaru Impreza yang merupakan mobil Jepang. Dari dua jenis mobil tersebut yang paling menginspirasi para modifikator di indonesia adalah Mitsubishi Lancer Evolution atau biasa disebut Evo.

Bagaimana tidak, Mitsubishi memproduksi dua jenis yang hampir serupa yaitu versi sport adalah Mitsubishi Lancer Evo dan versi ‘casual’ adalah Mitsubishi Lancer seri CK4. Produk CK 4 lah yang dijual di pasaran sedangkan produk Evo dijual terbatas dan lebih mahal tentunya. Dan sebagian besar pemilik Mitsubishi Lancer terutama kaum muda melakukan modifikasi Mitsubishi Lancer CK 4 menjadi Mitsubishi Evo. Biasanya yang dijual di pasaran adalah seri Mitsubishi Lancer CK 4.

Jika modifikasi Mitsubishi Laner CK 4 menjadi Mitsubishi Lancer Evolution 4 dilakukan dengan detail dan rapi maka orang awam sekilas akan merlihat bahwa mobil tersebut adalah Mitsubishi Evo 4. banyak penggemar menggelontorkan dana jutaan hanya sekedar memodifikasi mobilnya agar terlihat menyerupai. Bahkan jika mobil yang dibeli sudah parah keadaannya mereka rela melakukan restorasi mobil agar terlihat lebih baru dan fres.

Modifikasi mitsubishi lancer
Seda Mitsubishi Lancer Evo 5 Tommi Makinen Special Edition. Sumber Unsplash

Perbedaan Mitsubishi Lancer Ck4 dan Evo 4

Lancer CK 4 yang merupakan sedan jadul yang masih keren sampai sekarang ini diburu banyak orang untuk di convert tampilannya menjadi mobil sport Evolution. Meskipun dalam hal bentuk dan mesin berbeda akan tetapi dengan penanganan yang baik dan proses detailing maka tampilan akan menjadi mirip dan mempersona. Diantara perbedaan antara Mitsubishi Lancer CK4 dan Evo 4 adalah sebagai berikut:

Harga yang berbeda

Harga Lancer CK4 dan Evo 4 tentu saja jauh berbeda. Lancer CK4 yang diproduksi massal tentu hanrganya lebih murah dibandingkan Evo 4 yang diproduksi terbatas. Selain ketersediaan yang terbatas yang membuat harga menjadi berbeda, harga asli dari kedua mobil tersebut juga berbeda karena fitur dan mesin yang dipasang pada dua jenis mobil tersebut juga berbeda.

Transmisi

Lancer CK4 diproduksi dalam dua type transmisi. Ada yang type manual dengan 5 percepatan dan automatic 4 percepatan. Sedangkan produk Lancer Evo 4 hanya tersedia manual 5 percepatan. Tipikal dari mobil sport yang digunakan untuk rally biasanya memang menggunakan transmisi manual agar menghasilkan tenaga yang kebih besar dan lebih kuat dibandingkan dengan transmisi otomatis.

Mesin yang berbeda

Karena merupakan modil produksi massal dan untuk digunakan sebagai mobil harian maka Lancer CK4 hanya menggunakan mesin Mitsubishi 4G92 SOHC 1600cc. Daya yang besar memang tidak diperlukan karena memang hanya mobil pasaran. Akan tetapi untuk mobil di kelasnya Lancer termasuk deretan mobil yang bisa diajak ngebut pada masanya. Sementara Lancer Evolution karena merupakan mobil yang dirancang untuk balapan memakai mesin Mitsubishi 4G63T DOHC 2000cc.

Tampilan

Pada tampilan inilah yang biasanya dibuat identik agar menyamai Evo 4. Bumper antara Lancer Evo 4 dan Ck 4 berbeda. Pada Lancer Evo 4 terlihat lebih sporty dengan penambahan lampu kabut berbentuk bulat. Pada kap mesin Lancer Evo 4 terdapat lubang hawa yang merupakan ciri khas mobil sport. Sedangkan Lancer CK4 hanya kap mesin polos. Ciri khas yang lain adalah sayap belakang dari Lancer Evo 4 lebih tinggi daripada Lancer CK4.

Modifikasi Mitsubishi Lancer
Mitsubishi Lancer Evolution, saingan terberat Subaru Impreza. Sumber Unsplash

Demikian ulasan mengenai modifikasi Mitsubishi Lancer CK4 menjadi Evo 4. Dengan ditambahi balutan cat yang baru maka tampilan Lancer CK4 tak kalah dengan Lancer Evo 4 aslinya. Maka percayakan penanganannya pada skinnerautoworks yang merupakan bengkel cat mobil dan body repair Jogja profesional.

Leave a Reply