Kelebihan Mobil Jepang yang Perlu Anda Ketahui

Bukan lagi menjadi rahasia jika kebanyakan mobil yang ada di Indonesia sebagian besar berasal dari impor, sedangkan mobil lokal belum begitu berkembang. Bukan rahasia pula jika mobil yang berada di pasaran di Indonesia di dominasi produk dari Jepang maupun Eropa. Berdasarkan pemberitaan kompas.com pada tahun 2017 Jepang membukukan penjualan 1.060.236 unit mobil. Lebih tepatnya, merek Jepang menguasai 98,21% pasar mobil di Indonesia tahun 2017 lalu.

Kontributor terbesar merek Jepang yaitu Toyota (34%), Honda (17%), Daihatsu (17%), Suzuki (10%), dan Mitsubishi (7%). Kurang dari 2% pasar Indonesia diperebutkan oleh merek asal negara lain seperti Jerman (0,5%), China (0,5%), Amerika Serikat (0,34%), Korea Selatan (0,2%), dan India (0,1%). Penulis rasa bukan tanpa alasan ketika mobil Jepang lebih banyak diminati oleh orang Indonsia dibandingkan lainnya, karena terdapat beberapa alasan dan akan sedikit kami ulas dalam artikel ini.

Kelebihan Mobil Jepang yang Perlu Anda Ketahui
Kelebihan Mobil Jepang yang Perlu Anda Ketahui, Sumber unsplash.com

Pertama, mobil Jepang yang saat ini beredar memiliki model bermacam macam dan cukup terjangkau. Harga terjangkau dikarenakan pabriknya yang sudah sangat banyak  tapi dikarenakan spek mobil buatan Jepang didesain untuk kendaraan dengan efisiensi dan kompak. Mulai dari kapasitas mesin, fitur keamanan, sampai keselamatan untuk memenuhi regulasi minimun di Indonesia.

Kedua, onderdil atau sparepart mobil Jepang sangat mudah ditemukan dan didukung adanya pelayanan yang baik. Meskipun dibandingkan dengan mobil Eropa, sparepart mobil Eropa lebih awet dibandingkan mobil Jepang. Ketiga mobil Jepang memiliki fitur tertentu saja pada mobil yang mereka buat. Hal ini degan alasan agar para pembeli dapat memilih dengan fitur-fitur yang tersedia, hal ini pula dapat menjadi kelebihan maupun kekurangan mobil Jepang. Mungkin bagi orang yang menyukai mobil dengan fitur tertentu akan menyukainya tapi bagi yang menyukai fitur banyak mungkin akan lebih menyukai mobil berasal dari Eropa.

Keempat, penggunaan material yang ringan sehingga membuat mobil menjadi lebih ringan dan dapat menambah daya laju mobil atau dapat mengurangi konsumsi BBM. Di awal ini akan membawa kelebihan namun, bisa menjadi kekurangan manakala menyebabkan usia layak pakai mobil Jepang hanya sekitar 15 tahun dan lebih pendek dibandingkan mobil Eropa. Kelima, mobil Jepang lebih mudah diservis dikarenakan telah banyak pabrik dan tempat servisnya di Indonesia.

Baik mobil Jepang maupun mobil Eropa memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan keduanya dapat distandarkan pada selera masing-masing orang dan tentu saja burget masing-masing orang. Mengingat jika yang diinginkan adalah mobil Eropa yang lebih mahal maka harus menyiapkan budget lebih dibandingkan jika membeli mobil Jepang. Selain itu, perlu diketahui bahwa mobil Eropa di desain sesuai dengan kondisi alam mereka, sehingga perlu diperhatikan perawatan dan larangan yang tidak boleh dilakukan jika dilakukan di Indonesia.

Sekian ulasan kami seputar keunggulan mobil Jepang. Semoga memberikan manfaat bagi Anda. Tidak perlu sungkan untuk membagikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *