Ulasan dan Tips Perawatan Mobil Dengan Sunroof

Berbagai aliran dalam modifikasi mobil mengharuskan mobil dirombak di eberapa ssinya. Salah satunya adalah pada bagian atap yakni dengan memasang sunroof. Mobil dengan sunroof mungkin jarang terlihat di jalanan karena memang mobil standar biasanya tanpa sunroof, meskipun ada beberapa type mobil pabrikan yang terdapat sunroof.

Biasanya sunroof bisa di dapatkan di aftermarket, artinya anda bisa mendapatkannya di pasar otomotif mana saja. Adanya mobil dengan sunbroof tentu akan menambah penampilan mobil. Selain ada juga fungsi tambahan yang akan di dapatkan seperti penambahan ventilasi dan juga penerangan kabin.

Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof

Sebelum membahas masalah sunroof lebih dalam, tentu anda harus mengetahui apa tu sunroof dan juga produk gaya sejenis yang hampir sama.   

Mobil Dengan Sunroof
Mobil dengan sunroof. Sumber Unsplash

1. Sunroof

Konon sunroof mengadopsi dari lubang ventilasi yang ada pada bus kota jaman dulu. Lubang ventilas ini dapat dibuka sehingga aliran udara dapat masuk ketika kendaraan berjalan di jalan raya. Hanya saja bedanya sunroof menggunakan penutup berupa kaca, sehingga meskipun ditutup akan terlihat dari bawah.

Sunroof sangat bagus diaplikasikan pada berbagai jenis kendaraan mulai sedan hingga MPV. Sebagian MPV, terutama yang sering digunakan untuk perjalanan jauh menggunakan sunroof untuk menjadikan perjalanan nyaman. Beberapa pabrikan mobil mengaplikasikan sunroof pada mobil yang di produksinya.

2. Moonroof

Berbeda dengan sunroof, moonroof menggunakan penutuo kaca, namun cara membukanya tidak dengan mengangkat kaca keluar, namun dengan menggeser kaca. Ketika membuka moonroof, kaca akan bergeser dan masuk ke bagian dalam atap. Biasanya untuk membuka dan menutupnya dikontrol dengan tombol tertentu dari kemudi.

Karena untuk menggerakan penutup moonroof yang dari kaca tersebut agar mudah, maka diaplikasikanlah semacam rel. Karena itu terkadang masalah moonroof timbul ketika rel macet. Jika rel macet saat posisi penutup kaca tersebut menutup maka tidak begitu bermasalah. Akan tetapi ketika rel macet pada saat penutup terbuka tentu sangat merepotkan.

3. Panoramic Roof

Panoramic roof atau ada yang menyebutnya panorama roof memiliki ukuran kaca yang lebih besar daripada sunroof atau moonroof. Bahkan kaca yang digunakan hampir sebesar atap mobil itu sendiri.

Jenis Sunroof

Dari segi metode pemasangan, sunroof mobil ada dalam dua type :

1. Sunroof internal

Panel dari sunroof internal dipasang tepat di antara headliner dan bagian atap paling luar yang berupa logam. Penutup dari sunroof ini biasanya akan ditarik kedalam atap dan terasembunyi ketika sunroof dibuka. Sunroof ini biasa disebut juga dengan sunroof built in. Ada banyak mobil menggunakan jenis sunroof ini.

2. Sunroof eksternal

Sunroof eksternal biasanya diaplikasikan di atas atap mobil. Sunroof ini biasanya menggunakan rel yang dipasang diatas mobil untuk menggerakan penutupnya. Selain itu ada juga sunroof yang dikenal sebagai sunroof pop-up. Sunroof ini dirancang khusus untuk membiarkan lebih banyak sinar matahari masuk.

Sunroof pop up menggunakan engsel untuk membuka dan menutup tutupnya. Tutup yang terbuka dengan kemiringan beberapa derajat dapat menjadikan luban sunroof sebagai ventilasi. Untuk memiringkan penutup bisa dilakukan dengan mekanisme elektrik dan pilihan manual.

Masalah mobil dengan sunroof

Sebagian besar pemilik mobil menemukan tiga masalah yang berkaitan dengan sunroof. Masalah ini bisa diatasi dengan perbaikan sendiri atau harus melalui bengkel yang berpengalaman.

1. Sunroof macet

Seringkali masalah ini muncul karena masalah pelumasan dan dapat diatasi hanya dengan memberi pelumas pada rel. Silikon yang kental efektif dalam memberikan perlindungan pada rel sunroof. Selain itu pergeseran kaca pada rel akan menjadi lebih lancar.

2. Kaca lepas atau pecah

Kaca yang lepas atau pecah adalah dua masalah sunroof mekanis yang paling umum dihadapi oleh pemilik mobil. Dalam kasus seperti itu, disarankan untuk mengganti kaca, dan anda bisa melakukannya sendiri jika hanya menggunakan mur dan baut. Untuk kaca yang berperekat sebaiknya pengerjaannya melalui bengkel berpengalaman.

3. Sunroof yang tidak dapat dioperasikan

Masalah ini biasanya terrjadi karena ada masalah pada kelistrikan seperti motor atau sakelar mati, kabel putus, atau sekring putus sehingga menjadikan sunroof tidak dapat dioperasikan. Langkah pertama adalah periksa sekring, atau mengecek kelistrikan lainnya.

Agak sulit untuk mengakses motor sunroof, meskipun beberapa produsen mobil memasangnya di belakang konsol overhead, sehingga memudahkan anda untuk melepasnya. Untuk menanganinya sebaiknya anda menghubungi mekanik yang berpengalaman dalam menangani sunroof.

Tips perawatan sunroof

Perawatan sunroof yang tepat sangat penting untuk keawetan dan penampilan. Dengan teknologi dan material yang dgunakan modern maka produk sunroof saat ini mampu bertahan hinga bertahun-tahun.

Mobil Dengan Sunroof
Sunroof menjadikan mobil terasa nyaman. Sumber Unsplash

Masalah dengan sunroof sering kali berasal dari kelalaian pemilik kendaraan. Karena itu dengan pemeliharaan yang tepat, fitur sunroof pada mobil lebih awet bertahun-tahun. Agar kaca pada sunroof tetap terlihat bagus, selalu bersihkan kaca tersebut mulai dari luar dan di bagian dalam.

Singkirkan penumpukan silikon pada rangka logam di bagian atas dengan menggunakan deterjen lembut dan sikat gigi bekas. Lumasi sisi dalam rel geser secara teratur untuk memastikan sunroof meluncur dengan mudah. Bersihkan gasket karet yang menyegel sunroof menggunakan detergen lembut dan kain.

Baik sunroof aftermarket atau sunroof yang pabrikan, perawatan preventif dan perawatan rutin pasti akan membantu anda untuk mempertahankan kualitas sunroof menjadi lebih lama. Demikian ulasan mengenai ulasan dan tips perawatan mobil dengan sunroof. Nantikan artikel dari website body repair Jogja SkinnerAutoWorks.Com lainnya yang bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Leave a Reply