Perlu Anda Perhatikan Tanda Jika Transmisi Otomatis Mobil Anda Bermasalah

Mobil bertransmisi otomatis (matik) bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan, terutama buat pengguna di kota-kota besar dengan tingkat kemacetan yang tinggi. Sama halnya dengan benda lain yang dibuat oleh manusia, kecanggihan mobil matik pun tetap ada kurangnya, salah satunya adalah masalah dalam transmisi. Ditambah lagi, tidak banyak yang tahu mengenai kondisi transmisi pedalnya dalam kondisi baik-baik saja atau dalam kondisi bermasalah. Ada kalanya jika kondisi tidak baik membuat Anda membawa mobil ke bengkel adalah pilihan yang tepat, ada kalanya terdapat pilihan lain yang lebih baik.

Berikut ingin kami ulas sedikit mengenai gejala dalam transmisi otomatis mobil yang bermasalah.

  1. Mobil tidak bisa dijalankan jika tanpa pemanasan terlebih dahulu

Biasanya ada kondisi demikian di waktu-waktu tertentu, atau bahkan di setiap saat. Misal dalam kondisi kedinginan dan mobil Anda tidak bisa dijalankan secara langsung, maka ada kemungkinan transmisi otomatis Anda sedang bermasalah.

  1. Ada hentakan saat perpindahan gigi

Pada mobil bertransmisi otomatis seharusnya perpindahan percepatan mobilnya terjadi secara mulus tanpa adanya sendatan atau hentakan. Hentakan pun bisa jadi pelan, tapi bisa jadi sangat kasar. Adanya tanda ini mengindikasikan ada masalah dalam transmisi otomatis mobil Anda yang perlu Anda cari tahu penyebabnya.

Perlu Anda Perhatikan Tanda Jika Transmisi Otomatis Mobil Anda Bermasalah
Perlu Anda Perhatikan Tanda Jika Transmisi Otomatis Mobil Anda Bermasalah. Sumber: unsplash.com

 

  1. Hambatan perpindahan gigi

Ketika Anda sedang berjalan di jalan menanjak biasanya akan ada perpindahan gigi yang Anda lakukan untuk meringankan laju mobil, jika Anda temui ketika mengubah posisi gigi terasa berat dan jalannya mobil seperti terhambat, artinya sedang ada masalah dengan transmisi mobil Anda.

  1. Mobil bergetar

Ada rasa mobil bergetar atau bahkan menyebabkan suara-suara aneh saat mengemudi, bisa pula menjadi indikasi bahwa transmisi mobil Anda sedang tidak baik-baik saja.

  1. Laju mobil tertahan dan tidak kuat menanjak

Hal ini juga bisa menjadi indikasi sedang ada masalah dalam transmisi mobil Anda yaitu ketika Anda mengemudikan mobil dan mobil Anda serasa tersendat-sendat jalannya, atau bahkan tenaga mobil untuk menanjak tidak kuat.

  1. Konsumsi BBM boros

Hal ini bisa Anda amati dari kebiasaan Anda membeli BBM dan jangka waktu penggunaan. Bisa jadi, konsumsi BBM boros karena adanya permasalahan tidak optimalnya tenaga putar mobil menyalurkan energi pada penggerak. Dan bisa menjadi indikasi adanya permasalah pada transmisi mobil Anda.

  1. Adanya kebocoran oli transmisi

Hal ini bisa dicek dengan melihat ada tidaknya oli yang mengalir dari girboks. Jika ada, berarti ada masalah kebocoran pada transmisi mobil Anda.

  1. Mobil Anda tidak bisa dijalankan secara total

Jika pada tahap ini, maka terjadi permasalahan serius dalam transmisi mobil Anda dan harus segera diselesaikan.

Dari beberapa gejala tadi bisa Anda amati dan segera Anda berikan penanganan terbaik. Jika belum terlalu parah, kami rasa masih bisa dicek sendiri melalui pembimbingan dari para ahli. Atau jika memang Anda merasa khawatir dengan kondisi mobil Anda, bisa langsung Anda bawa ke bengkel untuk dianalisis permasalahan mendasarnya. Sekian ulasan singkat kami, semoga memberikan manfaat yang bisa Anda bagikan kepada teman-teman Anda yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *