Langkah-langkah Detailing Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki mobil yang terlihat bersih dan kinclong merupakan hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Sebab, kerapian dan kebersihan mobil seseorang tentunya merupakan salah satu cerminan dari si pemilik mobil tersebut.

Bukan hanya itu saja, kebersihan mobil tersebut merupakan salah satu perawatan secara tidak langsung pada mobil tersebut. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat mobil Anda terlihat lebih mulus adalah merawat cat mobil dengan melakukan detailing.

langkah-langkah detailing mobil
Detailing mobil menjadikan mobil anda tampil keren. Sumber Unsplash

Dalam proses detailing itu sendiri, Anda bukan hanya saja membersihkan debu atau kotoran yang lainnya dan bukan hanya berbicara mengenai mencuci mobil itu saja, namun harus benar-benar memperhatikan detail demi detail yang ada pada mobil tersebut.

Ketika mobil terlihat lebih kinclong dan keren tentunya bisa dibanggakan oleh si pemilik mobil tersebut. Sebab, sebagus dan semahal apapun mobil Anda namun jika tidak memiliki tampilan yang bersih dan menawan tentunya tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. 

Langkah-langkah Detailing Mobil

Berbicara mengenai detailing mobil tersebut, Anda bisa kategorikan menjadi dua jenis yakni interior dan ekterior. Untuk mengetahui lebih detail mengenai langkah-langkah detailing mobil, mari simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Detailing Interior

Poin yang harus Anda perhatikan pada proses detailing interior ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Mengeluarkan Kotoran Dari Mobil

Proses pengerjaan detailing interior yang pertama adalah mengeluarkan semua kotoran yang ada dalam mobil, seperti kemasan bekas makanan, tissue bekas pakai, dan juga kotoran yang lainnya. Setelah itu, keluarkan karpet mobil Anda dan lakukan pembersihan dengan menggunakan vacum cleaner agar debu benar-benar hilang.

2. Membersihkan Debu Dashboard Mobil

Setelah Anda mengeluarkan kotoran dan membersihkan karpet mobil Anda, maka kini Anda lanjutkan dengan membersihkan dashboard mobil Anda. Anda bisa membersihkannya dengan cara menyedot debu tersebut atau bisa juga membersihkannya dengan menggunakan lap seperti kanebo basah.

3. Memperbaiki Bagian Interior Yang Rusak

Setelah semua bagian interior mobil Anda selesai dibersihkan, maka kini saatnya Anda melakukan pemeriksaan pada semua bagian interior mobil Anda jikalau kemungkinan ada bagian yang rusak. Sebut saja seperti karpet yang sobek, sarung jok sobek atau bagian atap mobil yang rusak. Jangan lupa juga membersihkan atap mobil Anda.

4. Membersihkan Jok Mobil

Anda juga tidak boleh melupakan hal yang satu ini, yakni membersihkan jok mobil Anda. Buka sarung jok Anda terlebih dahulu dan bersihkan satu per satu.

Jika Anda ingin melepasnya, Anda juga bisa membersihkan sarung jok tersebut dengan kondisi terpasang. Namun hal yang harus Anda perhatikan adalah gunakan cairan khusus untuk membersihkan sarung jok tersebuat agar tidak merusak sarung joknya.

Detailing Eksterior

Hal yang perlu Anda perhatikan pada saat akan melakukan detailing pada eksterior, hendaknya Anda melakukan body repir mobil anda jika ada yang rusak atau cacat. Bisa dipercayakan di jasa body repair Jogja yang ada di berbagai sudut kota. Lalu mencuci body mobil Anda secara keseluruhan dan juga sampai ke bagian ban dan velg mobil Anda. Berikut yang perlu Anda detailing pada bagian eksterior.

1. Merapikan Ruang Mesin

Hal ini bisa Anda lakukan dengan membuka kap mobil Anda. Lakukan perapian komponen elektronik seperti kabel yang mungkin kerapiannya kurang terjaga, gunakan pengikat kip khusus. Bila perlu semprotkan pula cairan pembersih minyak agar bekas minyak yang ada pada ruang mesin mobil Anda bisa bersih kembali.

2. Mencuci Ruang Mesin

Pada saat Anda tidak mengerti bagaimana caranya membersihkan ruang mesin pada mobil Anda, maka sebaiknya Anda tidak usah mencucinya karena bisa berpotensi menimbulkan bahaya nantinya. Namun jika Anda mengerti, semprotkan silikon dan bersihkan secara merata ruang komponen mesin mobil tersebut.

3. Mencuci Body Mobil

Setelah ruang mesin sudah selesai, maka kini saatnya Anda mencuci body mobil Anda. Gunakan cairan khusus untuk untuk mencuci mobil Anda. Proses pencucian ini juga wajib Anda perhatikan, yakni satu wadah untuk mencuci bagian mobil dan gunakan wadah yang lain untuk membersihkannya.

Setelah itu, lap body mobil Anda sampai dalam keadaan kering dengan menggunakan kanebo bersih untuk menyerap air agar tidak menimbulkan kerak yang bisa merusak penampilan mobil Anda. Pada tahap ini pastikan anda sudah mengatasi goresan ringan pada mobil sebelum ke tahap selanjutnya.

4. Membersihkan Ban dan Velg

Bersihkan velg dan ban mobil Anda dengan menggunakan sikat khusus untuk membersihkan ban dan velg mobil Anda. Velg ini sering kali ditempeli minyak dan juga sisa oli yang merusak penampilan mobil Anda. 

5. Melapisi Cat Mobil Anda Dengan Wax

Untuk menghasilkan tampilan mobil yang lebih kinclong, maka bila perlu Anda gunakan wax untuk melapisi cat mobil Anda. Wax ini berfungsi untuk menjaga keawetan cat mobil Anda dan juga membuat cat mobil Anda akan terlihat lebih kinclong.

langkah-langkah detailing mobil
Mencuci mobil adalah langkah awal detailing mobil. Sumber Unsplash

Detailing menjadikan mobil terlihat lebih muda. Maka untuk anda yang melakukan proses restorasi mobil bisa menggunakan jasa detailing untuk finishingnya agar benar-benar terlihat semputna.

Demikianlah ulasan mengenai langkah-langkah detailing mobil yang perlu Anda ketahui. Dengan proses detailing ini, tentu mobil Anda akan terlihat lebih bersih dan kinclong. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply