Jenis Warna Cat Pada Mobil. Mana Pilihan Anda ?

Mobil saat ini diproduksi dengan bermacam-macam varian dan juga warna. Warna mobil yang di produksi semakin menarik dari masa ke masa. Jenis warna cat pada mobil yang digunakan pun bermacam-macam. Baik warna dasar maupun warna yang berasal dari perpaduan banyak warna. Untuk anda yang memiliki mobil bekas yang bosan dengan warna yang ada, anda bisa mengecatkan ulang di jasa tukang cat mobil. Yang memudahkan dalam pemilihan warna adalah, pada toko cat mobil yang ada di berbagai kota juga telah menyediakan jasa kombinasi cat.

Salah satu cara modifikasi mobil agar tampak baru adalah dengan memperbarui warna cat mobil. Setiap warna memiliki kesan yang berbeda. Maka hari ini anda bisa mendapati berbagai warna di gunakan pada mobil yang ada di jalan raya. Karena saat ini di Jogja dan kota lainnya banyak sekali bermunculan bengkel cat mobil yang biasanya melayani body repair Jogja dan sekitarnya dengan harga yang bersaing.

Jenis Warna Cat Pada Mobil

Di bawah ini ada beberapa jenis warna yang sering di paki pada mobil, baik itu warna standar mobil keluaran baru atau warna yang di pakai untuk memperbarui warna yang ada.

Jenis Warna Cat Pada Mobil
Warna mobil balap. Sumber Unsplash

1. Warna Solid

Warna Solid biasa disebut juga warna konvensional karena mengandung pigment dengan satu macam warna, contoh merah. Merah hanya berupa merah standar saja tanpa da tambahan pigmen warna lainnya. Meskipun terkesan dengan warna yang kaku atau monoton, namun justru kesan ini menekankan kekuatan dari warna tersebut.

Warna ini memiliki karakter yang tegas dan biasa digunakan pada kondisi tertentu, seperti pada kendaraan yang dipakai pada kejuaraan balap mobil dan juga kendaraan niaga yang memperlihatkan dominasi warna tertentu seperti kendaraan pada usaha ekspedisi.

2. Warna Metalik

Warna Metalic adalah warna yang mengandung partikel-partikel zinc atau aluminium sehingga menghasilkan bercak warna silver pada cat yangg mengandung metalic. Warna ini memberi kesan elegan. Saat ini beberapa produk otomotif menggunakan warna metalik untuk body kendaraannya.

Warna metalik yang biasanya di pakai pada kendaraan yag di prodksi adalah silver, abu-abu dan juga gold. Warna ini konon sanggup mempertahankan harga jual kendaraan saat kendaraan di jual lagi dalam kondisi bekas.

3. Warna Pearl

Warna Mutiara(Pearl) adalah warna yang mengandung pigment Mika Transparan yg memberikan efek warna berbeda dari sudut pandang yang berbeda. Warna mutiara ini memiliki kesan mewah, sehingga banyak dari mobil dengankelas menengah ke atas memakai warna pearl dalam produknya.

4. Warna Xiralic

Warna ciralic hampir menyerupai warna mutiara atau pearl. Namun ada sedikit perbedaan yng bisa terlihat pada kondisi tertentu. Warna xiralic partikel warnanya terlihat kurang jelas ketika kendaraan berada di dalam ruangan, tidak terkena sinar matahari atau terkena cahaya lampu kecil. Tetapi berubah seketika saat terkena sinar matahari atau lampu. Warna berubah menjadi lebih tajam dan berkesan lebih hidup partikelnya.

Sedangkan pada warna Pearl atau mutiara, partikel warna tidak tampak perubahan antara di dalam ruangan atau pun terkena sinar yang terang. Warna akn terlihat tetap.

5. Warna Chameleon

Warna Bunglon (chameleon) adalah warna yang mengandung pigment khusus sehingga memberikan efek lebih dari 3 warna pada sudut pandang yang berbeda. Warna dengan model ini sangat unik dan menggunakan percampuran berbagai elemen. Penggunan warna ini biasanya ada pada mobil kontes modifikasi karena dengan warna chameleon, mobil akan terlihat menarik dan unik.

6. Warna Candy

Penamaan warna ini karena menyerupai permen. Warna candy adalah warna layaknya seperti solid, namun warna candy lebih kepada bening dan lebih gilap. Sebagian dari pemilik kendaraan memilih warna ini dengan alasan tetap memakai warna yang standar, namun lebih menekankan kesan ceria dan fresh.

Perlindungan terhadap warna cat mobil

Untuk melindungi cat mobil yang berasal dari cat pabrikan mobil maka cat mobil memiliki lapisan-lapisan untuk ketahan yaitu:

  • Zink Phosphate : pelindung terhadap karat
  • E-Coat : pelindung karat tahap kedua jika pelindung pertama rusak,
  • Surfacer : untuk menutup pori-pori dari pengaplikasian e-coat
  • Base coat colour : sebagai warna dasar sebelum ada lapisan pigmen warna lain
  • Clear Coat : pengkilap warna dasar sekaligus pelindung akhir

Sedangkan untuk cat yang dari bengkel cat mobil terdapat lapisan- lapisan sebagai berikut :

  • Primer : Sering juga disebut dengan istilah meni atau Foxy sebagai pelindung terhadap karat
  • Dempul : pengisi bagian penyok yang dalam pada panel yg akan di cat
  • Surfacer : dempul yg lebih halus untuk menutup pori-pori
  • Base coat colour : sebagai warna dasar
  • Clear coat : pengkilap warna dasar sekaligus pelindung akhir
Jenis Warna Cat Pada Mobil
Warna solid. Sumber IG @ainkthelookman

Untuk dominan yang keluar pada cat mobil adalah berasal dari warna dasar (base coat), warna yang keluar dari warna dominan tergantung pada cat yng dipilih pada saat pengecatan. Bisa warna solid, metalic, mutiara(pearl), warna xiralic, chameleon atau candy.

Itulah ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai jenis warna cat pada mobil yang biasanya digunakan. Semoga artikel ini memberikan informasi untuk anda. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang aliran dalam modifikasi mobil. Terima kasih.

Leave a Reply