Aliran dalam Modifikasi Mobil yang Unik

Modifikasi kendaraan mobil merupakan salah satu aktivitas unik yang digandrungi sebagian pemilik kendaraan mobil. Pemilik kendaraan ini tidak bisa bertahan dengan tampilan standar pabrikan. Sehingga mereka mencari inspirasi aliran modifikasi mobil yang cocok untuk kendaraan mereka.

Sebenarnya modifikasi mobil bukan sekedar memberikan tambahan atau menghilangkan beberapa bagian dari mobil saja, namun ada aliran modifikasi mobil tersendiri. Para penghobi modifikasi melakukan modifikasi sesuai tampilan menurut alirannya masing-masing. Berikut beberapa aliran modifikasi yang pernah ada.

1. Japanese Domestic Market (JDM)

Sesuai dengan namanya, aliran modifikasi ini hanya menggunakan komponen-komponen asli yang berasal dari jepang. Aliran modifikasi JDM mungkin merupakan aliran yang paling terkenal saat ini di kalangan anak muda. Kebanyakan merupakan fans produk dari negara Jepang (terinspirasi dari Tokyo Drift), aliran JDM ini menyulap mobil dengan semua gaya berbau Nihon.

2. United State Domestic Market (USDM)

Seperti hal namanya, aliran ini memang berasal dari negeri paman Sam. Aliran USDM berciri khas memiliki bemper lebih besar sedikit daripada JDM untuk menahan benturan, dan juga memiliki lampu tambahan yang fungsinya memberikan sinyal ke pengendara dari samping agar dapat melihatnya.

3. DUB

DUB adalah aliran modifikasi mobil yang mengutamakan prestise bagi para pemilik mobil sekaligus menonjolkan kemewahan dari mobil itu sendiri. Hal yang paling mencolok pada mobil dengan aliran DUB adalah menggunakan velg yang berukuran 20 – 25 inchi dengan lapisan krom.

JDM Cars, sumber ig japanese.car.obsession
JDM Cars, sumber ig @japanese.car.obsession

Cat yang wajib diaplikasikan pada aliran DUB adalah terang dan wetlook, sering kali menggunakan warna hitam dan putih karena kedua warna tersebut identik dengan kemewahan. Interior pun tidak kalah keren karena seat-nya menggunakan bahan kulit. Selain itu juga, sound system-nya pun juga bisa digunakan sebagai disco dalam mobil.

4. VIP

Mobil dengan aliran modifikasi VIP memiliki ciri modifikasi yang lebih cenderung minimalis di bagian eksterior seperti penggunaan body kit yang simple, air suspension, muffler berbentuk oval, dan velg yang berukuran lebih dari 19 inch dengan offset yang negatif.

Mirip seperti DUB, mobil yang menggunakan aliran modifikasi VIP juga mengandalkan kesan yang mewahnya untuk menarik perhatian orang yang melihatnya. Namun, hal yang membedakan adalah DUB lebih fokus terhadap eksterior mobil, aliran VIP lebih mengurus bagian interiornya.

Pada bagian interiornya, aliran VIP ini dibuat dengan sangat elegan, bersih dan rapi. Bagian dalam terlihat mewah karena biasanya ditambah dengan minibar, jok kulit, televisi berukuran besar, dan lain-lainnya yang mengutamakan kenyamanan.

5. Retro

Anda menyukai barang-barang vintage? jika ya, maka aliran yang satu ini akan cocok dengan Anda, yaitu Aliran Retro. Aliran Retro biasanya mengutamakan keorisinilan setiap parts, interior maupun eksterior.

Aliran ini lebih fokus ke bentuk mobil yang mirip dengan mobil tahun 1950-an dengan khas kap mesin yang menonjol ke atas dan bagasi yang sedikit ceper. Tetapi, walaupun terlihat sederhana, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit karena parts dari mobil-mobil klasik sangat langka di pasaran, sekalipun ada pasti harganya cukup mahal.

6. Hellaflush

Aliran Hellaflush adalah aliran modifikasi mobil yang lebih cenderung membuat modifikasi mobil ceper terhadap permukaan jalan, namun tetap dapat dijalankan. Aliran Hellaflush ini modifikasi mobil yang lebih mengutamakan modifikasi di bagian kaki-kaki dengan menampilkan velg dengan lebar dan offset maksimum yang tetap terlihat pas di balik ruang ban mobil.

7. Street Racing

Aliran mobil Street Racing adalah aliran modifikasi mobil yang lebih menonjolkan tampilan seperti mobil balap namun tetap digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Jadi tidak perlu heran apabila di jalanan Anda melihat tampilan kendaraan seperti mobil balap padahal melintas di jalanan biasa.

Mobil Retro, sumber : Cover Super
Mobil Retro, sumber : Cover Super

8. Sleeper

Mobil yang menggunakan aliran modifikasi Sleeper adalah modifikasi yang lebih cenderung pada bagian mesin saja. Sedangkan pada bagian eksterior hanya menggunakan standar keluaran pabrik. Mungkin sebagian orang memandang sebelah mata tetapi ketika diadu, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga mesin yang super besar.

Aliran modifikasi Sleeper ini berasal dari Amerika tetapi ada juga ditemukan di Inggris dengan sebutan yang berbeda yaitu Q-Car. Modifikasi kedua jenis mobil tersebut bisa dibilang cukup berbeda. Kalau di Amerika, modifikasi tidak boleh terlalu jreng, melebihi batas standar yang ditentukan produsen.

Oleh sebab itu, banyak dari pemilik mobil melakukan modifikasi dengan rahasia dan hanya digunakan saat tertentu seperti demo car atau Drag race pada malam hari. Dengan memodifikasi mobil dengan gaya Sleeper itu saja sudah cukup untuk mengelabui polisi.

9. Hotrod

Aliran Hotrod ini cenderung menggunakan mobil-mobil klasik. Biasanya, hotrod memamerkan bagian mesin big block-nya dan menggunakan velg berwarna chrome. Setelah itu, menggunakan ban yang berukuran agak besar dan dibuat keluar dari body.

10. Ratrod

Bentuknya tidak jauh berbeda dengan hotrod, tetapi hal yang membedakan adalah karakter rat rod lebih seperti mobil usang yang tidak terurus dan body berkarat. Biasanya, aliran ini juga menggunakan mobil-mobil tua, seperti mobil klasik tahun 50 sampai 70-an.

Leave a Reply