Kelemahan Mobil Ceper Yang Perlu Diketahui

Modifikasi mampu merubah tampilan mobil menjadi lebih baik. Sedan jadul akan tampak keren jika di lakukan perombakan dan modifikasi yang pas. Temasuk modifikasi ceper menjadikan mobil tampak lebih keren. Maka banyak anak muda yang melakukan modifikasi kakai mobil agar terlihat ceper. Meskipun kelemahan mobil ceper akan tetap ada tetapi demi terlihat keren hal ini tetap dilakukan.

Mobil yang telah di modifikasi ceper akan mudah sekali terjadi kerusakan pada bagian mobil tertentu karena kelemahan mobil ceper tersebut. Bagaimanapun juga melakukan modifikasi yang tidak sesuai dengan standar pabrikan mobil akan menyebabkan bagian dari mobil terpengaruh dengan modifikasi tersebut.

Pengaruh tersebut bisa berupa penurunan kinerja, penurunan usia pakai komponen yang terpasang atau bisa juga penurunan kenyamanan dalam berkendara. Dan biasanya anak muda tidak terlalu memperhatikan hal ini ketika mengendarai mobil ceper meskipun kelemahan mobil ceper terlihat jelas.

Modifikasi yang tidak sesuai standar pabrik akan membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra. Sumber unsplash

Beberapa kelemahan mobil ceper

Untuk anda yang memiliki keinginan untuk memodifikasi mobil ceper ada baiknya mengetahui kelemahan mobil ceper yang harus diperhatikan agar tahu bagaimana harus bertindak.

Bemper depan rawan rusak

Pada mobil dengan modifikasi ceper memiliki peluang bemper depan mobil cepat rusak. Terutama jika kita melalui sebuah turunan yang agak tajam seperti di parkiran basemen sebuah tempat maka ketika melewati turunan tersebut bemper depan sering mentok ke tanah dan bisa pecah atau penyok. Hal paling ringan adalah cat mobil menjadi terkelupas.

Selain itu melewati gundukan polisi tidur juga harus waspada. Jarak yang rendah antara tanah dan mobil akan menyebabkan anda kesulitan jika melewati polisi tidur. Kelemahan mobil ceper inilah yang kadang kurang kita perhatikan sehingga bemper depan cepat sekali rusak.

Waspada pada bagian bawah mobil

bagian bawah mobil juga tak luput terkena benturan ketika melewati sembarang jalanan. Indonesia merupakan negara berkembang dan dalam hal lalu lintas masih kurang tertata apalagi kehalusan jalan raya.

Jika mengangkut beban yang banyak harus ekstra hati-hati untuk menghindari gesekan antara bagian kolong bawah mobil dengan permukaan aspal dikarenakan ban mobil terperosok ke dalam lubang pada jalan yang memiliki aspal yang telah rusak.

Tidak bebas mengendarai

Jika anda akan keluar kota maka harus dipastikan mengetahui kondisi jalan yang akan dilewati. Sangat beresiko jika melewati jalan yang tidak rata dengan kecepatan yang tidak di kurangi. Maka untuk tujuan keluar kota yang kondisi jalannya belum diketahui sebaiknya berhati-hati meskipun perjalanan menjadi lebih lama. Kelemahan mobil ceperinilah yang menyebabkan perjalanan anda menjadi lebih lama karena harus memilih-milih jalan.

Perhatikan saat membuka pintu

karena mobil ceper memiliki ground clearance yang lebih rendah maka untuk sekedar membuka pintu anda harus ekstra hati-hati. Terutama pada pintu kiri bagian bawah. Rendahnya posisi pintu menyebabkan pintu bagian bawah lebih rentan terbentur sesuatu.

Hal itu bisa terjadi ketika kita membuka pintu saat mobil berhenti di dekat trotoar. Jika hanya terjadi goresan ringan saja anda bisa mengatasi goresan pada body mobil tanpa kompon atau remover. Akan tetapi jika sampai penyok maka akan menjadi jelek tampilannya.

Kelemahan Mobil Ceper
Mobil ceper akan kelihatan sporty akan tetapi banyak kelemahan. Sumber unsplash

Itulah kelemahan mobil ceper yang perlu diketahui dan ada beberapa kelemahan lainnya yang belum diulas semisal mobil rentan rusak karena kebanjiran meskipun hanya banjir ringan. Untuk itu perlu perhatian khusus jika ingin memodifikasi mobil anda.

Leave a Reply