Simak Tips Memilih Cover Mobil Berikut

Berbicara tentang kebersihan mobil, maka tidak akan luput dari pembahasan cover mobil. Cover mobil memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kebersihan dari mobil. Cover mobil atau juga disebut sarung mobil mampu melindungi body mobil dari kotoran hewan, debu, hujan, dan lain sebagainya.

Tentu bagi anda yang memiliki mobil, sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk memiliki cover agar tetap menjaga tampilan mobil tetap bersih, mulus, mengkilap dan terhindar dari debu atau kotoran lainnya.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki mobil, penting untuk mengetahui tips cara memilih sarung mobil yang sesuai dengan kebutuhan mobil karena jika salah dalam memilih cover tentu perlindungan yang anda gunakan akan tidak maksimal atau bahkan bisa menimbulkan efek negatif pada body mobil.

Simaklah ulasan berikut ini terkait tips memilih sarung mobil :

1. Ukuran

Tips memilih cover mobil pertama adalah menentukan ukuran cover. Saat ini sudah tersedia begitu banyak ukuran-ukuran sarung mobil di berbagai toko sarung mobil. Pilihlah ukuran cover yang sesuai dengan ukuran mobil Anda. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, akan tetapi pas saat digunakan.

Resiko yang akan Anda dapatkan ketika memilih cover yang terlalu kecil adalah tentu tidak akan bisa melindungi seluruh bagian body mobil terutama pada bagian bawah body mobil. Hal tersebut menyebabkan body mobil bisa terkena kotoran atau cipratan air.

DI sisi lain, apabila Anda memilih cover yang terlalu besar akan mengakibatkan kemungkinan tidak terpasangnya cover dengan presisi sehingga bagian bawah sarung mobil tidak terpasang erat dan kencang. Hal ini bisa menyebabkan sarung terlepas atau terangkat ketika ada angin yang berhembus dengan kencang.

2. Material

Sarung Mobil, sumber : BukaReview - Bukalapak
Sarung Mobil, sumber : BukaReview – Bukalapak

Setelah menentukan ukuran cover, tips memilih cover selanjutnya adalah memilih material sarung mobil dengan tepat. Pemilihan bahan dasar sarung mobil akan berkaitan langsung dengan tempat parkir mobil apakah indoor atau outdoor.

Apabila lokasi Anda saat memarkirkan mobil di tempat yang terbuka ( outdoor ), sebaiknya Anda memilih cover mobil yang berbahan dasar parasut atau polyester karena jenis bahan tersebut tidak tembus air.

Sarung mobil yang biasanya diperuntukan untuk luar ruangan atau tempat terbuka memiliki ciri-ciri antara lain permukaan yang licin dan tidak berpori, sehingga mempunyai efek waterproof pada saat terkena air hujan.

Namun hal yang patut Anda perhatikan ketika menggunakan sarung mobil outdoor adalah memperhatikan bagian dalam sarung. Mengapa bagian dalam cover harus diperhatikan? karena salah satu kekurangan dari sarung mobil yang tidak tembus air adalah kemungkinan adanya embun pada bagian dalamnya.

Apabila terdapat resapan atau embun pada sarung mobil, hal yang harus anda lakukan berikutnya adalah melepas dan mengerikan cover tersebut. Hal tersebut dilakukan agar menghindari adanya bercak-bercak jamur pada permukaan mobil.

Disisi lain, apabila lokasi Anda saat memarkirkan mobil di tempat yang tertutup ( indoor ) seperti di garasi atau gedung parkir, sebaiknya Anda memilih sarung mobil yang memiliki pori-pori. Tujuannya agar memperlancar sirkulasi udara dan menghindari kelembaban pada permukaan cat mobil yang bisa menimbulkan bercak-bercak.

Tidak cukup disitu, Anda juga harus memastikan kelembutan dari sarung mobil yang akan Anda gunakan karena jika tidak halus tentu akan berpengaruh terhadap permukaan cat mobil. Alih-alih melindungi mobil, bahkan sebaliknya bisa menyebabkan baret lembut pada mobil.

Nah, untuk itu pilihlah sarung mobil yang memiliki bahan dasar atau material yang sesuai dengan fungsi kegunaanya. Tentu anda tidak menginginkan bukan, saat memarkirkan mobil di outdoor tetapi permukaan mobil anda tidak terlindungi maksimal karena salah dalam menggunakan sarung mobil.

3. Warna

Tips untuk memilih cover lainnya adalah pemilihan warna cover. Mungkin dari sekian tips yang ada, pemilihan warnalah yang paling sepele. Akan tetapi jika hal tersebut tidak diperhatikan, bisa memberikan kerugian bagi body mobil Anda.

Berhati-hatilah saat memilih cover yang memiliki banyak warna atau istilahnya warna-warni. Pilihlah cover dengan kualitas warna yang premium dan tidak mudah luntur. Sebelum Anda membayar pastikanlah warna covernya tidak luntur dengan melakukan pengetesan.

Tentu Anda tidak menginginkan bukan cat mobil anda rusak tercampur dengan lunturan warna dari cover yang sedang digunakan. Hal tersebut penting karena ada beberapa sarung mobil yang warnanya luntur saat terkena air hujan.

Semoga ulasan ini bermanfaat. Simak berbagai ulasan lainnya di skinnerautowork.com.

Leave a Reply