Interior Detailing: Rutin Membersihkan Interior Mobil Kunci Kondisi Interior Tetap dalam Kondisi Baik

Kali ini kami akan membahas mengenai metode terbaik melakukan detailing pada interior mobil Anda. Semua orang tau bahwa membersihkan debu setiap hari akan menjadikan bagian interior mobil Anda tetap tampak baik. Tentu hal tersebut benar, akan tetapi mencukupkan perawatan pada hal tersebut tentu tidaklah cukup. Dua atau tiga kali dalam setahun Anda mungkin akan mengganti pelapis interior agar terlihat baru, akan tetapi sebelum melakukan hal tersebut harus menguji terlebih dahulu warna paling memudar pada mobil Anda apakah pada pelapis kain, karpet, kulit, atau vinil mobil Anda. Karena tentu ketika mengganti pelapis berwarna Anda tidak akan berkeinginan pelapis pengganti tersebut merusak tekstur dari mobil yang Anda miliki.

Disadari atau tidak, interior mobil Anda banyak mengalami penyalahgunaan. Tidak seperti rumah sebagai tempat beraktivitas yang luas, mobil memiliki ruangan yang sempit dan menjadi tempat beraktivitas secara berulang. Ketika Anda masuk, Anda menarik debu masuk, ada rambut jatuh, remah-remah makanan yang Anda bawa, dan kotoran lainnya. Disadari atau tidak, pertambahan kotoran ini terjadi sangat cepat, karena aktivitas rutin Anda lakukan hampir setiap hari di mobil.

Interior Detailing: Rutin Membersihkan Interior Mobil Kunci Kondisi Interior Tetap dalam Kondisi Baik
Interior Detailing: Rutin Membersihkan Interior Mobil Kunci Kondisi Interior Tetap dalam Kondisi Baik. Sumber: Unsplash.com

Jika kotoran yang menempel pada interior mobil Anda berasal dari pasir pantai atau lumpur, kotoran ini hanya akan dibersihkan beberapa minggu sekali, itupun ketika Anda mendatangi tempat-tempat yang berpotensi untuk meninggalkan kotoran pada mobil Anda. Tapi untuk debu harian, aktivitas pembersihan yang perlu Anda lakukan adalah pembersihan harian. Berikut tips yang ingin kami sampaikan.

Pertama, bersihkan semua permukaan vini mobil Anda menggunakan kain lembab. Kain microfiber detail sangat baik digunakan dalam pembersihan ini, karena tidak akan meninggalkan serat dan juga debu. Kedua, tarik matras lantai mobil Anda, kemudian goyangkan atau sikat bagian tersebut, agar remah-remah atau debu yang menyelip di sana bisa keluar. Ketiga, ambil sampah apapun yang mungkin pernah Anda letakkan di dalam mobil Anda. Keempat, bersihkan bagian pintu menggunakan kain basah. Kelima, bersihkan interior kaca Anda dan bagian spion. Jika kedua bagian ini relatif bersih, Anda tidak perlu menggunakan cairan pembersih. Cukup menggunakan kain microfiber yang dibasahi dengan air.

Selain pembersihan dalam jangka waktu mingguan, untuk menjaga interior mobil Anda, maka pembersihan mobil bisa dilakukan juga secara bulanan dengan pembersihan yang lebih lengkap. Mungkin sampai Anda perlu menggunakan mesin untuk membersihkan debu, terutama digunakan untuk membersihkan bagian bawah dasboard. Nah, hal detail lainnya yang perlu diperhatikan adalah membersihkan bagian dasboard. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kain basah ataupun busa lembut yang telah dibasahi, jangan lupa pula pembersihan bagian kemudi dan berbagai celah sempit yang memungkinkan terjadinya penumpukan debu pada mobil. Jika debu membandel bisa menggunakan kain basah atau sikat gigi bekas.

Dengan pembersihan secara rutin pada setiap detail interior Anda, niscaya interior mobil Anda akan dalam kondisi bersih dan tampak baik. Sekian ulasan kami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *