Jenis Perawatan di Salon Mobil

Ilustrasi Cuci Mobil, sumber ig evolingling
Ilustrasi Cuci Mobil, sumber ig @evolingling

Perawatan Salon mobil, dibutuhkan untuk merawat mobil dari berbagai faktor cuaca yang mengakibatkan berbagai kerusakan baik pada bagian luar mobil (exterior), bagian dalam mobil (interior) atau bahkan mesin mobil.

Bagian mobil yang paling rentan dan sangat penting untuk dibawa ke salon mobil untuk melakukan perawatan adalah bagian permukaan body mobil karena rentan terkena jamur, cat memudah atau kusam, terkena cipratan lumpur, air hujan, dan kotoran lainnya.

Untuk itu, penting bagi para pemilik mobil untuk membawa mobil mereka ke salon mobil agar mendapatkan layanan dan hasil perawatan yang maksimal. Ada beragam jenis perawatan yang akan anda temui di salon mobil seperti cleaning, detailing, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini mengenai jenis-jenis perawatan di salon mobil yang perlu diketahui.

1. Cuci Mobil

Mencuci Mobil adalah hal paling umum yang ditawarkan oleh salon mobil. Mobil Anda akan dicuci dan dibersihkan menggunakan sabun khusus agar mobil tampak kembali bersih seperti sedia kala. Jenis perawatan ini meliputi seluruh bagian mobil, mulai dari eksterior, interior, hingga bagian mesin.

Ada beberapa teknik mencuci mobil yang dipakai oleh kebanyakan salon mobil, mulai dari teknik cuci tradisional, snow wash, dry wash, dan lain-lain. Setelah dicuci, bagian mobil dan kaca akan dikeringkan menggunakan handuk khusus.

2. Sedot Debu dan Kotoran Interior Mobil

Proses membersihkan mobil belum lengkap tanpa proses penyedotan debu dan kotoran di dalam kabin. Biasanya, proses ini menggunakan high pressure vacuum cleaner. Karpet bawah, lapisan karpet, dan sela-sela lipatan mobil tak luput dari proses ini.

Pembersih Debu Pada Mobil, sumber : Home Dorks
Pembersih Debu Pada Mobil, sumber : Home Dorks

3. Fogging dan Fumigator

Bau dalam mobil Anda tidak segar? Jika iya, maka perawatan yang satu ini cocok untuk Anda gunakan yaitu Fogging. Perawatan Fogging bertujuan untuk menghilangkan bakteri, virus, dan menghambat laju pertumbuhan jamur dalam interior sehingga sirkulasi udara dalam mobil menjadi lebih segar, wangi, sehat, dan higienis.

Sedangkan Fumigator adalah jenis perawatan yang bertujuan untuk membasmi serangga yang bersembunyi dalam kabin. Untuk pengerjaannya, kedua layanan ini membutuhkan waktu sekitar 35 menit dan dapat bertahan hingga waktu 3 mingguan, tergantung pemakaian mobil.

4. Auto Detailing

Auto detailing atau biasa disebut dengan detailing saja, merupakan teknik yang digunakan untuk merawat dan mempercantik penampilan kendaraan, baik itu mobil atau motor. Teknik perawatan yang digunakan adalah polish dan waxing.

Polish bertujuan untuk menghilangkan cat yang kusam pada permukaan body mobil. Pada dasarnya, proses yang dilalui adalah dengan mengikis lapisan terluar cat. Untuk itu, jangan melakukan poles mobil terlalu sering karena akan membuat cat mobil semakin menipis.

Sedangkan Waxing adalah merupakan perawatan dan perlindungan pada permukaan cat mobil dengan memberikan wax. Jenis perawatan cat mobil ini akan memberikan lapisan baru di permukaan cat anda yang berguna sebagai proteksi terhadap jamur atau water spots, noda, baret-baret halus, dan lain-lainnya.

Selain itu juga, Waxing akan menjadikan warna cat mobil anda semakin mengkilap. Akan tetapi, lapisan wax ini tidaklah bersifat permanen. Ketahanan dari lapisan wax ini berkisar sekitar 2 – 6 minggu tergantung dari faktor menipisnya lapisan wax karena pencucian mobil.

Ketika lapisan wax pada mobil Anda telah hilang, maka perlu untuk melakukan pemolesan wax kembali agar cat tetap terlindung. Apabila tidak dipoles, maka pada lapisan mobil Anda akan mudah dihinggapi jamur atau water spot.

Poles Body, sumber : Crossdeals
Poles Body, sumber : @Crossdeals

5. Coating

Apabila setelah melakukan perawatan polish dan waxing, dirasa mobil Anda membutuhkan perlindungan yang lebih untuk melindungi mobil Anda dari debu, kotoran, atau bahkan goresan. Maka tidak ada salahnya anda mencoba perawatan mobil yang dinamakan coating.

Coating terdapat dua jenis perawatan yang dapat digunakan yaitu ceramic coating dan nano coating. Ceramic coating akan memberikan perlindungan lebih dengan cara melapisi permukaan cat mobil menggunakan cairan yang mengandung keramik khusus.

Sementara itu, Nano Coating bertujuan untuk melindungi lapisan permukaan cat dari paparan kimia dari proses oksidasi.

Itu dia jenis-jenis perawatan salon mobil yang dapat kami informasikan kepada Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Simak informasi lainnya di halaman skinnerautoworks.com.

Leave a Reply