Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Modifikasi Mobil?

Apakah Anda termasuk orang yang menyesal telah membeli mobil dengan model yang salah? Kurang sesuai harapan? Atau Anda termasuk orang yang tidak terlalu suka jika banyak mobil yang sama dengan mobil Anda dimiliki oleh orang lain dan Anda ingin membedakan mobil Anda dengan mobil orang lain? Tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini, kami akan membahas seputar modifikasi mobil apakah perlu dilakukan ataupun tidak, juga hal apa saja yang perlu diperhatikan.

Sebelum melakukan modifikasi mobil, pertama yang harus dilakukan adalah memastikan alasan kenapa Anda perlu memodifikasi mobil. Jika modifikasi mobil dilakukan agar membuat mobil Anda semakin nyaman untuk dilihat dan digunakan, silakan dilakukan. Tapi jika modifikasi mobil dilakukan sekedar untuk bergaya semata dan tidak memperhatikan kenyamanan penumpang juga pengguna jalan lain tampaknya perlu dipikirkan ulang. Contoh yang membuat pengguna jalan lain tidak nyaman adalah mengubah knalpot kendaraan Anda menjadi lebih berisik, hal ini tidak perlu dilakukan.

Kedua, lakukanlah riset terlebih dahulu sebelum melakukan modifikasi mobil. Riset sangat dibutuhkan untuk mengamankan anggaran Anda sekaligus untuk mendapatkan hasil terbaik dari modifikasi mobil yang Anda lakukan. Riset bisa dilakukan dengan melihat dan memikirkan mobil-mobil hasil modifikasi yang telah dilakukan banyak orang dan Anda memikirkan betul mobil Anda ingin dimodifikasi seperti apa. Perkiraan biaya jika Anda ingin memodifikasi total mobil Anda, seperti mengenai warna mobil, velg mobil, jok mobil, atau adanya tambahan aksesoris yang berharga untuk mobil Anda.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Modifikasi Mobil?
Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Modifikasi Mobil?. Sumber Ilustrasi: IG @meta_rahman_

Ketiga, jangan memodifikasi mobil secara berlebihan. Apa contoh memodifikasi mobil secara berlebihan? Seperti memasang sticker secara rumit di mobil Anda dengan gambar-gambar yang membuat orang malah terganggu melihat mobil Anda, pasanglah sticker sewajarnya saja. Atau janganlah mengganti warna mobil dengan warna yang sangat mencolok. Atau contoh lainnya, memodifikasi mobil dengan mengganti knalpot bersuara berisik. Yakinlah, jika Anda melakukan ini, justru akan banyak orang yang merasa terganggu dan serasa ingin menimpuk Anda dengan sesuatu. Anda juga tidak perlu mengubah mobil Anda menjadi sangat pendek dan tidak memperhatikan kenyamanan Anda sebagai pengendara juga keluarga Anda sebagai penumpang mobil Anda. Perhatikanlah kenyamanan dan keamanan dalam berkendara ketika melakukan modifikasi mobil.

Keempat, tambahlah atau gantilah interior dan aksesoris mobil Anda agar lebih nyaman. Contoh gantilah jok mobil Anda dengan jok yang lebih nyaman dan aman digunakan saat berkendara dalam waktu lama, dan Anda bisa menyesuaikan dengan selera Anda. Tambahan aksesoris berguna yang bisa Anda tambahkan seperti adanya tempat untuk meletakkan gelas berisi kopi/ teh sehingga Anda tidak perlu meletakkan kopi/teh Anda di atas dashboard. Atau dengan mengganti sistem audio menjadi sistem yang lebih nyaman ketika Anda nyalakan.

Kelima, estimasi anggaran. Setelah menetapkan mobil Anda akan dimodifikasi seperti apa, jangan lupa untuk melakukan estimasi anggaran. Apakah Anda sedang memiliki keperluan mendesak lainnya atau tidak. Jika Anda sedang memiliki keperluan mendesak lainnya, kami sarankan, tundalah dulu modifikasi mobil yang ingin Anda lakukan, apalagi jika mobil Anda sebenarnya dalam keadaan baik-baik saja dan Anda hanya membutuhkan suasana baru dalam mobil Anda.

Sekian ulasan kami terkait modifikasi mobil pada artikel kali ini. Semoga bisa membawa manfaat bagi Anda. Dan kami meenghimbau, jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa untuk dibagikan kepada teman Anda lainnya. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *