Tips Mencegah dan Mengatasi Mobil Mogok Ketika Banjir

Salah satu problem yang dihadapi oleh pengendara kendaraan bermotor ketika hujan adalah terjadinya banjir di titik titk tertentu. Jika tidak terpaksa untuk menerjang banjir, ada baiknya jika menepi saja dulu dan tunggu hingga hujan reda. Akan tetapi, jika terpaksa untuk melakukannya maka Anda perlu mengantisipasi agar mobil Anda tidak mengalami mogok. Kali ini kami akan sedikit mengulas mengenai tips menangani mobil mogok ketika banjir.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menguasai kendaraan, maksudnya pengendara haruslah memahami kendaraannya masing-masing. Mulai dari sensitifitas mesin kendaraannya, kemudian letak knalpot, dan lain sebagainya. Kedua, ketika Anda mengendarai mobil di genangana air dan terdengar bunyi ‘blup-blup’ artinya knalpot telah terendam air. Jika ingin tetap melanjutkan perjalanan, jaga rpm atau kecepatan mobil Anda. Dan upayakan jangan berhenti agar mesin mobil tidak mati.

Tips Mencegah dan Mengatasi Mobil Mogok Ketika Banjir
Tips Mencegah dan Mengatasi Mobil Mogok Ketika Banjir. Sumber: unsplash.com

Ketiga, gunakan saja gigi rendah, jangan gunakan gigi paling besar. Untuk mobil manual cukup gunakan gigi satu atau dua, dan untuk mobil bertransmisi otomatis maka posisikan transmisi pada L. Keempat, waspada dengan sapuan ombak dari mobil lainnya dan jangan pilih jalan di pinggir di daerah yang belum Anda ketahui. Hal ini menghindar adanya kubangan ataupun selokan yang tidak Anda ketahui.

Kelima, ketahuilah letak air intake Anda. Letak komponen ini berada lebih tinggi daripada knalpot. Tapi jika sampai terendam air, mobil bisa mogok. Keenam, berhati-hatilah melewati lubang. Jika ketika melewati lubang mobil Anda mogok, jangan lakukan starter ulang karena dapat merusak komponen mobil lainnya. Segera keluarkan mobil Anda dari kubangan dan jangan malu untuk meminta tolong orang di sekitar Anda untuk mendorong mobil.

Baca juga : Kelebihan mobil Jepang yang perlu anda ketahui

Ketujuh, berhati hati dengan rem. Rem yang baru saja terendam banjir biasanya akan menyebabkan kanvas rem menempel karena lengket. Dan tidak bisa digunakan secara maksimal. Pada kondisi ini, jangan berkendara dengan kecepatan tinggi. Gunakan rem Anda secara perlahan sampe berfungsi kembali dengan baik.

Lantas bagaimana jika mobil terlanjur mogok? Maka hal yang perlu dilakukan adalah keluarkan mobil Anda dari genangan air dan tempatkan di tempat kering. Kemudian coba starter, jika tidak bisa jangan dipaksakan. Buka kap mobil Anda dan dan keringkan komponen mobil yang basah. Jika sudah kering coba untuk starter ulang, jika tidak bisa maka tidak perlu dipaksa. Jika tidak bisa, segera cabut kabel busi dan pastikan bagian ini tidak terendam air. Jika iya, maka keringkan terlebih dahulu. Kemudian coba starter ulang. Jika bisa menyala maka segerakanlah untuk diperiksakan ke bengkel, agar ada pemeriksaan lebih lanjut mengenai kondisi mobil Anda. Terlebih lagi jika mobil Anda sudah mogok dan sama sekali tidak mau menyala, maka tidak ada jalan lain selain diderek dan dibawa ke bengkel. Sekian ulasan kami tentang tips mencegah dan mengatasi mobil mogok. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *