Tips Praktis Body Repair Penyok Pada Mobil Anda!

Ketika berkendara menggunakan mobil, body mobil seringkali menjadi bagian yang perlu diperhatikan. Ditengah kondisi lalu lintas yang tidak menentu dan padatnya pengguna jalan pada jam-jam tertentu, tentu Anda harus waspada. Penyok, lecet bahkan rusak menjadi hal yang sering dihadapi oleh pemilik mobil dalam situasi dan kondisi ini. Di sinilah Anda membutuhkan bengkel body repair. Bengkel body repair saat ini terbiasa menangani kondisi-kondisi kerusakan body mobil yang sering terjadi pada mobil-mobil keluaran terbaru dengan karakteristik material body yang lebih ringan.

Tahukah Anda bahwa saat ini terdapat beberapa metode untuk perbaikan body mobil penyok yang bisa Anda lakukan sendiri? Tentu hal ini atas pertimbangan dengan kerusakan ringan. Namun jika Anda tidak harus membawanya ke bengkel dengan pengeluaran biaya dan proses perbaikan yang memakan waktu, mungkin beberap tips di bawah ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tips Praktis Perbaikan Body Mobil Yang Penyok

Ternyata Anda tetap mampu melakukan perawatan mobil di rumah dengan alat yang tidak seberapa. Salah satunya masalah penyok pada body mobil. Terdapat beberapa tips yang bisa menyelesaikan penyok pada mobil Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

  1. Air Panas

Tips yang pertama untuk memperbaiki penyok pada body mobil adalah dengan menggunakan air panas. Air panas bisa melenturkan bagian mobil yang penyok. Caranya dengan menyiram air panas beberapa kali. Saat awal bagian mobil yang penyok hanya melunak dan siraman selanjutnya akan membuat bagian yang penyok kembali ke bentuk normal. Bila perlu didukung dengan tekanan dari bagian dalam body ketika disirami air panas.

Ilustrasi Body Repair, sumber ig skinner_autoworks
Ilustrasi Body Repair, sumber ig @skinner_autoworks

2. Palu Karet

Selain dengan reaksi air panas, Anda juga bisa menggunakan palu karet. Caranya adalah dengan menekan bagian cekung atau penyok dari bagian dalam dengan ketokan secara perlahan. Yaitu secara bertahap hingga bentuk body mobilnya kembali normal.

3. Es Batu / Karbon Dioksida dan Hair Dryer

Tips selanjutnya untuk mengembalikan penyok mobil ke bentuk semula adalah dengan menggunakan pendingin dan pemanas secara bersamaan. Cara ini efektif pada penyok yang ringan. Caranya adalah bagian penyok pada body mobil didinginkan terlebih dahulu hingga seperti membeku bisa menggunakan es batu atau karbon dioksida. Setelah itu dipanaskan dengan hair dryer sehingga bereaksi kembali ke bentuk semula.

4. Vakum

Vakum adalah salah satu alat rumah tangga yang dipakai untuk menghisap baik kotoran ataupun sumbatan-sumbatan. Untuk body atau bagian body mobil yang tidak begitu tebal, cara ini masih efektif. Caranya adalah dengan menghisap bagian cekung atau penyok menggunakan vaku hingga kembali ke bentuk semula.

Demikian beberapa tips praktis yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki penyok pada body mobil Anda. Tips-tips ini bisa menjadi pertolongan pertama sehingga jika ternyata tidak bisa diatasi, Anda bisa menghubungi bengkel body repair Jogja kesayangan Anda. Selamat mencoba!

1 thought on “Tips Praktis Body Repair Penyok Pada Mobil Anda!

Leave a Reply