Tiga Teknologi Pengecatan Mobil yang Perlu Anda Tahu

Dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0 bahkan disalah satu jurnal telah mulai memasuki revolusi industri 5.0. Apa artinya? Kecanggihan dalam hal teknologi benar-benar telah berkembang pesat di masa sekarang. Salah satu yang mudah diidentifikasi saat ini adalah segala hal yang senantiasa berhubungan dengan internet. Smarthphone menjadi sangat populer di masa sekarang ini dan segala kegiatan beralih fungsi menjadi kegiatan berbasis online. Kemajuan di bidang teknologi ini tidak hanya terjadi di bidang komunikasis aja, tapi juga masuk ke ranah pengembangan produk mobil.

Dulu yang kita tahu mobil hanya bisa dikendalikan dengan cara manual, tapi di masa sekarang mobil bahkan sudah mathic atau bahkan sudah tercipta mobil cerdas yang bisa diinstal dengan software tertentu. Kami tidak akan mengulas mengenai detail bentuk modern di masa sekarang, kami hanya akan menyinggung mengenai teknologi pengecatan mobil di masa sekarang. Dimana diakui atau tidak, teknologi pengecatan mobil pun ikut mengalami perkembangan. Ada tiga teknologi pengecatan dari beberapa perusahan mobil besar di dunia ini yang cukup efektif dan efisien dalam melakukan pengecatan yang akan kami bahas, yaitu yang dilakukan oleh Honda Motor, Peugeot Paris, dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Ikut serta di Elite Car Show 2017
Mobil dengan hasil pengecatan yang bagus.

Di tahun 2012, Honda motor telah mengembangkan sistem pengecatan baruĀ  yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Mereka menyebutnya sebagai Honda Smart Ecological Paint . Sistem pengecatan ini mempercepat proses pengecatan dengan menghilangkan proses pelapisan tengah tanpa mengurangi kualitas akhir pengecatan. Selain itu, Honda juga mengembangkan pengecatan Wall-Mounted Paint Robot System dimana yang diandalkan dalam teknologi ini adalah efektivitas dan efisiensinya.

Pada tahun 2015, Peugeot Paris telah mengeluarkan mobil dengan sistem pengecatan bertekstur yang menghasilkan warna mobil yang begitu elegan. Pada saat itu, pilihan warna yang tersedia adalah Ice gray dan Ice silver, selain ditambah juga dengan beberapa penggunaan warna lainnya seperti Lime Yellow dan Menthol White.

Pada tahun 2016, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia pun telah memperkenalkan teknologi pengecatan terbaru versi mereka. Yaitu proses pengecatan dengan water based yang ramah lingkungan. Bahkan proses pengecatan ini mampu mengurangi adanya penguapanĀ  ke udara yang dapat merusak ozon. Selain itu juga telah mengurangi satu proses pengovenan dan dapat berakibat pada penghematan listrik dan karbondioksida.

Sekian ulasan singkat kami mengenai teknologi pencatan dari tiga perusahaan mobil besar. Semoga bisa bermanfaat dan Anda tidak perlu ragu untuk menyebarkan artikel ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *