Inilah 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dari Kondisi Ban Mobil Anda

Menjaga setiap komponen mobil adalah hal yang harus dilakukan pengmudi, terutama digunakan untuk menjaga keselamatan diri. Salah satu bagian yang tidak boleh dilupakan pada mobil adalah ban mobil. Perawatannya tidak boleh disepelekan. Mengingat, kondisi ban mobil yang buruk bisa mengganggu perjalanan. Karena kita tahu ban mobil memiliki fungsi penting sebagai tumpuan menjalankan mobil. Kali ini kami ingin sedikit mengulas mengenai tips merawat kondisi ban mobil. Tips ini penting bukan hanya untuk pemilik kendaraan pribadi, bisa juga bermanfaat untuk pemilik bus wisata, truck dan sebagainya.

Tips yang perlu Anda jalankan diantaranya, pertama mengecek tekanan udara secara rutin. Aktivitas ini kadang sering diabaikan atau dianggap remeh oleh para pengendara kendaraan bermotor. Apalagi jika sang pengemudi adalah orang yang memiliki banyak sekali aktivitas, kadang mengecek tekanan udara kendaraannya merupakan hal yang sangat jarang bisa dilakukan. Padahal kondisi tekanan udara sangat berpengaruh terhadap keawetan ban mobil Anda. Ban mobil yang memiliki tekanan kurang dapat berpengaruh pada proses pengereman.

Selain itu, juga dapat menyebabkan ban mobil dapat bocor dengan mudah ketika melewati tempat yang memiliki bebatuan tajam atau terdapat benda tajam lainnya. Ban juga bisa cepat rusak ketika beban di dalam mobil sangat berat. Sehingga, sangat disarankan jika dilakukan pengecekan tekanan udara ban mobil setiap dua minggu sekali, atau lebih baik lagi jika seminggu sekali. Anda bisa mengetahui kondisi ban mobil Anda secara rutin dan melakukan penanganan segera jika terjadi sesuatu pada ban mobil Anda.

Perhatikan Kondisi Ban Mobil Anda
Perhatikan Kondisi Ban Mobil Anda

Kedua, hindari tempat tempat yang penuh lubang dan jalan yang penuh dengan batu. Kondisi jalan yang tidak bagus jelas akan membuat ban mobil Anda bermasalah. Jalan berlubang biasanya mengandung banyak batu yang dapat membuat ban bocor. Ban bocor jelas akan menyebabkan keawetan mobil Anda berkurang. Jika terpaksa melewati tempat berlubang dan berbatu maka berjalanlah hati hati. Hindari berjalan dengan kecepatan tinggi.

Ketiga, hindari melakukan pengereman secara mendadak. Pengereman secara mendadak dapat membuat ban luar mobil Anda cepat aus selain juga dapat berbahaya. Pengereman secara mendadak dapat dicegah dengan mengemudikan mobil dengan kecepatan sedang bukan kecepatan tinggi. Kecepatan tinggi seringkali menjadi alasan pengemudi mobil menggunakan rem secara mendadak.

Keempat, melakukan rotasi ban. Rotasi ban mobil dapat dilakukan dengan mengganti ban depan menjadi ban belakang. Hal ini dapat menghindarkan pengereman secara terus menerus pada salah satu bagian ban mobil saja. Misalnya pengereman yang terjadi dilakukan pada ban depan, rotasi akan mencegah ausnya ban mobil bagian depan secara cepat. Keenam, pengecekan kondisi ban mobil secara rutin ke bengkel. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi ban mobil Anda.

Sekian ulasan singkat kami mengenai tips merawat kondisi ban mobil. Semoga dapat bermanfaat. Baca juga artikel lain kami seperti tips membuat mobil tampak mengkilat atau tips membersihkan interior mobil di skinnerautoworks.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *